Senin, 19 September 2016

Jurnalis : Kesenangan atau Tantangan?

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa menjadi seorang jurnalis itu pekerjaan yang sulit, di mana kita dituntut untuk bisa bekerja dalam tuntutan deadline yang pasti akan membuat kita capek, pekerjaan yang tidak mengenal waktu pagi, siang, atau malam.
Menjadi seorang jurnalis juga bisa dibilang cukup berat, seorang jurnalis harus lari ke sana ke sini mengejar narasumber untuk mendapatkan informasi. Seorang jurnalis tentu akan menghabiskan waktunya untuk terjun di lapangan dengan risiko kematian yang mengancam kapan pun, apalagi kalau nantinya ditugaskan di daerah konflik.
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh jurnalis adalah menulis dan berbahasa yang baik maka dari itu aku harus menjadi wartawan yang bisa menulis dan berbicara dengan bahasa yang baik. kemampuan menulis aku masih minim. Sampai saat ini aku masih sulit membuat sebuah tulisan yang baik dan bagus. Entah apa yang harus aku tulis, mulai dari mana, susunannya seperti apa, semua masih membingungkan.
Aku senang menonton televisi, apalagi kalau acaranya adalah traveling. Aku pernah berpikir ingin menjadi seorang jurnalis televisi yang membawakan acara traveling. Kenapa jurnalis televisi ? Karena yang aku tahu dan bayangkan menjadi jurnalis televisi itu mudah dan menyenangkan.
Menjadi jurnalis yang membawakan acara traveling adalah salah satu impianku. Aku pernah membayangkan jika aku menjadi jurnalis traveling, aku bisa pergi keliling Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Aku bisa memperlihatkan keindahan alam dari seluruh penjuru bumi terutama keindahan alam yang ada di Indonesia.
“Tergantung gimana minat kita karna menjadi seorang jurnalis itu tidak gampang dan pastinya banyak tantangannya. Jadi jurnalis itu ada positif negatifnya, contoh positifnya kita akan bertemu banyak orang mungkin bisa jadi kita akan bertemu dengan presiden. Negatifnya kita harus rela waktu bersama keluarga menjadi lebih sedikit karna jam kerja yang mungkin saja tidak beraturan,ujarnya.
Sebenarnya menjadi seorang jurnalis ada menyenangkannya juga, tergantung bagaimana kita menjalaninya. Karna seperti yang kita tahu menjadi seorang jurnalis ada kesenangan dan ada tantangan tersendiri yang harus kita hadapi.
Semoga saja dengan belajar dan usahaku di kuliah untuk menyelami dunia jurnalisme membantuku untuk meraih mimpiku. Terus belajar dan latihan, itulah yang harus aku lakukan sekarang. Semoga nantinya aku bisa menjadi jurnalis yang baik, yang bekerja sesuai kode etik dan bertanggung jawab pada publik.

16 komentar:

  1. wah tulisan yang sangat menarik yang membuat saya tertarik untuk menjadi jurnalistik ... semangat lanjutkan saya tunggu post berikutnya yaaa

    BalasHapus
  2. Bahasanya sangat menarik. Terimakasih sudah mengubah gambaran saya ttg Jurnalis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kak iqbal dan kak nadzifa 😊

      Hapus
  3. I think this post gave me an another opinion about journalist world. Keep writing, Dhea! It's really good to improve your writing skill :)

    BalasHapus
  4. Tulisanya menginspirasi. Terus lanjutkan untuk mngejar citanya

    BalasHapus
  5. I think this post gave me an another opinion about journalist world. Keep writing, Dhea! It's really good to improve your writing skill :)

    BalasHapus
  6. Terima kasih kak annissah dan kak siti 😊

    BalasHapus
  7. This is a good. It is also inspiring to me to try to become a journalist. Thanks to the author has been inspiring to me ^ _ ^.

    BalasHapus
  8. Jadijurnalistik paling asyik, yg penting tetap semangat utk mencapai citi-cita.

    BalasHapus
  9. Good ceritanya,saya terinpirasi dengan ceritanya,kamu pasti bisa untuk menunjukan pada dunia bahwa kamu pasti bisa menjadi jurnalis yg terbaik

    BalasHapus
  10. Good ceritanya,saya terinpirasi dengan ceritanya,kamu pasti bisa untuk menunjukan pada dunia bahwa kamu pasti bisa menjadi jurnalis yg terbaik

    BalasHapus
  11. Sangat menarik untuk disimak dan menginspirasi ✔️ VERY NICE.. ツ

    BalasHapus
  12. Thank you untuk tulisannya, it's really inspiring. Semoga bisa menjadi tambahan referensi untuk para jurnalis and my favorite point was on the last paragraph ketika seorang jurnalis harus terus berjuang dan belajar serta tidak melupakan nilai kejujuran, independent. Sedikit tambahan bahwa seorang journalist harus berwawasan tinggi agar tulisan pemberitaan jelas daaan seperti yang kamu bilang dapat dipertanggungjawabkan kepada publik. Keep writing dhea!! Happy blogging!! ��

    BalasHapus
  13. Hmm itu cita2 saya sejak dulu mau jadi jurnalis tp gak kesampaian..tp gpp sekarang cuma bisa menikmati aja tukisan org lain....tulisan ini lumayan bagus..tp lbh bagus klau tulisan juga di sertai pengalaman jurnalis yg lain...tp ttp oke lah terus semangat yah...

    BalasHapus
  14. Hmm itu cita2 saya sejak dulu mau jadi jurnalis tp gak kesampaian..tp gpp sekarang cuma bisa menikmati aja tukisan org lain....tulisan ini lumayan bagus..tp lbh bagus klau tulisan juga di sertai pengalaman jurnalis yg lain...tp ttp oke lah terus semangat yah...

    BalasHapus
  15. cerita yang sangat menarik ternyata menjadi jurnalis perlu perjuangan yang berat dan tak kenal waktu ^_^ Thank you dan KEEP Writing yaa !!

    BalasHapus